Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok. Teh hijau bisa disajikan dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula.

Teh hijau juga bisa dicampur dengan bunga melati menjadi jasmine tea atau diolah menjadi bubuk teh matcha. Tak hanya nikmat diminum, Anda juga bisa memetik manfaat teh hijau dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Kandungan dan Manfaat Teh Hijau yang Baik Untuk Tubuh
Salah satu manfaat teh hijau yang baik untuk tubuh berasal dari kandungan antioksidan (polifenol) yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berlebih dapat merusak sel-sel tubuh, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini dan menimbulkan penyakit, seperti kanker.
Manfaat teh hijau lainnya adalah dari senyawa katekin yang terkandung di dalamnya. Senyawa katekin pada teh hijau memiliki dampak yang baik dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein.
Kandungan nutrisi dan zat di dalam teh hijau menjadikan minuman ini baik untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
Manfaat teh hijau dalam mengatasi penyakit belum ada yang sepenuhnya terbukti kuat. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi teh hijau secara teratur dan dalam porsi yang wajar untuk menjaga kesehatanManfaat Teh Hijau bagi Kecantikan
1. Mengatasi Mata Panda
Kantung mata atau yang lebih sering dikenal mata panda sering membuat seseorang kurang percaya diri. Namun ternyata teh hijau bisa mengatasi masalah tersebut. Teh ini mengandung zat tannin dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.Penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menemukan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.
2. Mengobati Jerawat
Teh hijau mengandung senyawa katekin yang dapat mengatasi dan membasmi jerawat. Kandungan ini bersifat anti-bakteri yang berfungsi mengendalikan ketidakseimbangan hormon dan meredakan peradangan penyebab jerawat.
Menurut hasil studi dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) untuk mengatasi jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler. Maka tak heran jika banyak produk kecantikan atau obat jerawat yang memakai teh hijau sebagai bahan utamanya.
3. Mencegah Obesitas
Teh hijau adalah salah satu minuman alami untuk mencegah seseorang dari obesitas atau kelebihan berat badan. Bahkan teh ini baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menerapkan program penurunan berat badan.Mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga, ampuh membakar lemak 17 persen lebih banyak ketimbang tidak minum teh hijau sebelum berolahraga. Teh ini juga terbukti ampuh membasmi lemak abdominal yang tergolong berbahaya lantaran bisa memicu timbulnya berbagai penyakit.
4. Mencegah Diabetes
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa daun teh hijau memiliki khasiat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mencegah risiko terjadinya diabetes. Penelitian tersebut menyarankan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin.
5. Mencegah Penyakit Jantung
Teh hijau memiliki kandungan yang berperan penting bagi kesehatan jantung. Mengonsumsinya secara rutin, akan membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroker.Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk memerangi kolesterol jahat atau LDL yang menyebabkan penyakit jantung.